Unit Tipiter Sat Reskrim Polres Tobasa telah merampungkan berkas perkara tersangka kasus Pembakaran hutan dan lahan (Karhutla). Tersangka serta barang bukti kini sudah dilimpahkan ke kejaksaan.

Demikian disampaikan, Kasat Reskrim Polres Tobasa AKP M.Nainggolan,SH,M.Si Senin (10/4). Kasat Reskrim  menjelaskan, Tersangka kasus Karhutla itu berinsial DR (47). merupakan warga Dusun Tungko Nisolu Desa Parsoburan Barat Kec. Habinsaran Kab. Tobasa.


“Kasus Karhutla ini disidik oleh Unit Tipiter Sat Reskrim Polres Tobasa setelah mendapatkan Laporan informasi dari masyarakat bahwa tersangka DR telah melakukan pembakaran hutan untuk dijadikan lahan membuka perladangan yang berada di Compartemen C.189 dusun Tungko Nisolu Desa Parsoburan Barat Kec. Habinsaran Kab. Tobasa. Sekarang tersangka dan barang bukti sudah kita serahkan ke JPU Kejari Kab. Tobasa,” kata Kasat Reskrim.

“Dengan penyerahan tersangka dan alat bukti ini, maka proses hukum akan memasuki tahap dua, yaitu proses penuntutan oleh JPU,” kata Kasat Reskrim.

“Kasus ini hendaknya dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat maupun pelaku Karhutla untuk tidak lagi melakukan pembakaran lahan dalam membuka perladangan. Pembukaan perladangan dengan cara membakar jelas melanggar aturan perundangan yang berlaku,” tutup Kasat Reskrim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here