Foto Monica Ashab.

Polres Tobasa optimalkan Pelayanan melalui Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). SPKT bertugas memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat, dalam bentuk penerimaan dan penanganan pertama laporan/pengaduan, pelayanan bantuan/pertolongan kepolisian, bersama fungsi terkait mendatangi TKP untuk melaksanakan kegiatan pengamanan dan olah TKP sesuai etentuan hukum dan peraturan yang berlaku.

Fungsi SPKT lainnya :

  • Pengkoordinasian dan pemberian bantuan serta pertolongan, anatara laian penanganan tempat kejadian perkara ( TKP ) meliputi tindakan pertama di TKP ( TPTKP ) dan pengolahan TKP, turjawali (pengaturan jalan dan pengawalan lalu-lintas), dan pengamanan;
  • Pelayanan masyarakat antara lain melalui telepon, pesan singkat, faksimili, internet ( jejaring sosial ), dan surat;
  • Penyajian informasi umum yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Foto Monica Ashab.

Melalui Aplikasi terbaru yang telah dilaunching pada hari Minggu tanggal 05 Pebruari 2017 di Lapangan Apel Polres Tobasa E-Policing “Polisi Kita” Sumatera Utara maka sekarang semua elemen masyarakat yang berada dimanapun dan kapanpun dapat dimudahkan. Masyarakat bisa membuat pengaduan langsung secara mudah dan cepat hanya dalam genggaman. Secara otomatis akan tersambung langsung ke Operator Polisi Kita di wilayah hukum Polres yang dituju, seperti Polres Tobasa atau Jajaran Polres Polda Sumut lainnya.

Foto Monica Ashab.

Pada hari Rabu tanggal 08 Pebruari 2017 IPTU D. Aritonang selaku Perwira Pengendali (PADAL) melakukan monitoring terhadap Personil SPKT yang menerima pengaduan dari masyarakat Kabupaten Tobasa. Melalui monitoring, Personil Polres Tobasa dapat diawasi dan dikendalikan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

Foto Monica Ashab.

Sebelum pelaksanaan tugas, Personil yang melaksanakan piket juga melaksanakan Apel Serah Terima Piket Fungsi. Apel serah terima dilakukan untuk memastikan kesiapan personil dalam melaksanakan tugas yang telah diserahkan oleh Personil yang melaksanakan Piket sebelumnya.

Pelaksanaan apel serah terima piket fungsi tersebut di pimpin oleh PADAL IPDA Jaya Syahputra, SH.

Dalam kesempatan apel serah terima tersebut Padal  memberikan arahan terhadap seluruh anggota piket fungsi yang baru antara lain :

  • Agar anggota yang melaksanakan piket di penjagaan tidak meninggalkan Mako dalam keadaan kosong,
  • Tidak melepaskan seragam dinas saat berada di Pos Penjagaan serta agar selalu memperhatikan dengan seksama dan lakukan pemeriksaan identitas maupun barang bawaan terhadap setiap tamu yang hendak masuk ke dalam area Mako.
  • Kepada anggota Unit Patroli Satuan Sabhara  dan Satuan Lantas agar melaksanakan patroli di pusat-pusat pertokoan atau pusat perbelanjaan terutama pusat pertokoan perhiasan (Toko Mas) dan pusat-pusat perbankan mengingat lokasi tersebut merupakan lokasi rawan terjadinya kejahatan khususnya hari ini merupakan Pasar Tumpah di wilayah Kec. Porsea.

Selesai apel serah terima piket fungsi Padal yang didampingi petugas jaga tahanan melakukan pengecekan ruang tahanan dengan maksud untuk mengecek jumlah serta kondisi kesehatan para tahanan.

Foto Monica Ashab.

Polres Tobasa siap melayani seluruh elemen masyarakat guna tercipta situasi yang aman dan kondusif.

Horas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here