Ulos atau yang sering disebut juga kain ulos adalah salah satu busana khas indonesia. Ulos secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat batak, sumatera utara. Dari bahsanya ulos berarti kain, hal inilah yang dilakukan ibu FLORA SIREGAR,istri dari AIPTU BETMAN PANJAITAN anggota Sat Binmas Polres Toba Samosir.
Sejak tahun 1995 isteri Betman panjaitan mulai bertenun hingga sekarang, jenis ulos yang di buat oleh ibu flora tersebut berjenis RAGI HOTANG (yang digunakan di pesta pernikahan buat hela / untuk menantu) ulos tersebut jual ke agen/ pengusaha ulos, dan sebagian kain tersebut di jual kepada konsumen yang memesan langsung. Ulos tersebut diselesaikan dalam waktu berkisar 10 hari untuk satu kain ulos,kain ulos tersebut dijual dengan harga Rp. 1.500.000 bagi pemesan langsung dikarenakan tercantum nama pada kain tersebut dan bordiran keliling, untuk harga yang biasa di jual ke pengusaha ulos sebesar Rp. 600.000 per ulos.
Alasan ibu FLORA SIREGAR itu sendiri bertenun dikarenakan pendapatan suami sebagai polri tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga, maka ibu FLORA SIREGAR itu Menggunakan keahliannya dalam bertenun ulos untuk memenuhi kebutuhan anak anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here