Kegiatan Kapolsek Lumban Julu AKP HERMANSYAH SIRRGAR laksanakan  Mediasi permasalahan Tanah Antara GUNUNG SIMANJUNTAK dengan Masyarakat Kelurahan Parsaoran Ajibata , MONANG SIRAIT CS
Senin Tanggal 12 Juni 2017 pukul 11.00 wib. Di lokasi Tanah sengketa di kel Parsaoran Ajibata Kec ajibata Kab Tobasa.

I. Fakta-Fakta
1. Pada hari Senin tanggal 12 Juni 2017 sekira pukul 11.00 wib di Kelurahan Parsaoran Ajibata Kec Ajibata Kab Tobasa telah dilaksanakan Mediasi tentang Permasalahan  sengketa tanah antara GUNUNG SIMANJUNTAK , 53 Tahun , Wiraswasta , Kristen Protestan Jl Beo No 15 P.Siantar Dengan Masyarakat Kelurahan Parsaoran Ajibata ( Monang Sirait Cs).

2. Adapun yang menghadiri kegiatan tersebut antara lain :
– Kapolsek Lumbanjulu AKP Hermansyah.
– Kanit intelkam Polsek lbn julu  Aiptu G.Limbong .
– Ka Pos Pol Ajibata Aiptu S.Siringo ringo.
– Kanit Binmas Polsek lbn julu Aiptu H.Tampubolon .
– Kanit Sabhara Polsek lbn julu Aiptu M.Napitupulu.
– beserta 4 Pers Polsek lbn julu.
– Gunung Simanjuntak Sbg pemilik tanah.
– Masyarakat Kelurahan Parsaoran Ajibata sebanyak 20 orang.

3. Jumlah massa yang hadir sebanyak 25 orang

4. Tertib acara :
a. Sambutan Sekaligis Pembukaan dari Ka Pos Pol Ajibata Aiptu S. Siringo ringo.
b. Kata sambutan dari Kapolsek lbn julu AKP Hermansyah.
c. Kata sambutan Sekretaris Lurah Parsaoran Ajibata Rolen Sinaga.

5. Maksud dan tujuan Mediasi adalah untuk Meminta Kepada Masyarakat Kelurahan Parsaoran Ajibata Supaya keluar atau tidak menempati Tanah milik Dari Syam Simanjuntak yg telah memiliki Alas Hak Berupa Sertifikat kepemilikan tanah  luas 2.717 Meter Persegi yg terletak di Kelurahan Parsaoran Ajibata. Kec Ajibata Kab Tobasa, Dan Pihak
 Syam  Simanjuntak akan Memagar Tanah Miliknya Dan masyarakat berkeras tidak akan mau keluar dari Lahan Tanah tersebut.

6. Hasil pertemuan :
a. Pemilik Tanah An. SYAM SIMANJUNTAK sebagai Pemilik Tanah  yg sah di dukung dengan Adanya sertifikat Kepemilikan yang di keluarkan BPN Tapanuli Utara tahun 1995 an. SYAM SIMANJUNTAK, dan Pemilik tanah akan memagar Tanah miliknya dan meminta kepada masy yg menduduki atau tinggal di tanah miliknya supaya keluar dari Tanah tersebut .

b. Perwakilan Masyarakat an. MONANG SIRAIT bahwa Tanah yg disebut sebagai tanah Proyek C yg terletak di Kelurahan Parsaoran ajibata masih bermasalah dan pada masa  Pemerintahan Orde baru pemerintah sewenang wenang merampas tanah masyarakat , dan meminta kepada Pemilik yg ada sertifikat supaya tidak melanjutkan Pembangunan Pagar .
Dan Pihak Masyarakat Mengkomplen kepada Yg memiliki sertifikat dan akan melaporkan kepada Pemerintah Tobasa ttg keapsahan Sertipikat tersebut dan akan melaporkan ke pihak DPRD Tobasa untuk membawakan dirapat komisi  ttg surat surat sertipikat yg ada di Kelurahan Parsaoran ajibata.

KASIM MANURUNG :
Bahwa Tanah tersebut adalah Tanah Nenek Moyangnya Dan di minta kepada Pihak Syam Simanjuntak agar tidak melanjutkan Pembangunan Pagar.

c. Perwakilan Dari Pemilik Tanah GUNUNG SIMANJUNTAK :
– Bahwa Tanah miliknya adalah sah dan tahun 1995 telah di terbitkan Sertifikat  Tanah atas nama Syam Simanjuntak.
– Meminta Kepada masy agar melakukan upaya Hukum tentang keapsahan dari Sertipikat Tanah miliknya dan meminta kepada masy agar ditanyakan kepada Pemerintah Kabupaten Tobasa tentang status tanah .

7. Hasil Mediasi:
a. Pihak Masyarakat  Monang Sirait cs meminta kepada Pemilik tanah supaya memberi waktu Satu bulan terhitung mulai tgl 12 Juni 2017 , Karna Masalah tanah tersebut akan di bawah ke Sidang Komisi DPRD Tobasa.

II. CATATAN.

1. Analisa :
b. Dengan adanya Mediasi antara Pemilik Tanah yang sah atas nama Syam Simanjuntak dengan Masyarakat yg tinggal diatas tanah tersebut lebih kurang 10 kk , Pihak Gunung Sirait Cs akan melaporkan kepada Komisi DPRD Kab Tobasa dan pihak Pemilik tanah Memberi waktu satu bulan kepada Masy utk melaporkan kepihak pemerintah tentang keapsahan Sertipikat tanah miliknya .

2. Prediksi

a. Apabila Pemilik tanah tetap melaksanakan pembangunan Pagar Tanah miliknya tidak menutup kemungkinan akan terjadi bentrok antara masy yg tinggal di dalam tanah tersebut.

b. Tidak menutup kemungkinan  adanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang dapat memprovokasi masyarakat
Untuk tidak mau keluar dari tanah milik Syam Simanjuntak yg luas 2.717 meter persegi dengan memanfaatkan situasi sehingga memperkeruh permasalahan sehingga dapat menimbulkan bentrok antara warga dengan pemilik tanah yg sah.

3. Saran :

a. Polsek lumbanjulu dalam hal ini  Pos Pol Ajibata tetap memonitor dan memantau situasi di lapangan dan tetap melakukan penggalangan dan komunikasi yang baik terhadap masyarakat Kel Parsaoran Ajibata 10 KK  yg tidak mau meninggalkan tanah milik Syam Simanjuntak yg di dukung dengan sertipikat kepemilikan tanah .

b. Kapolsek Lumbanjulu tetap melakukan koordinasi dengan Pihak Uspika Kec Ajibata , Lurah Ajibata   agar dapat bekerjasama dalam menciptakan situasi kondusif di tengah masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here