Pada hari Jumat tgl 19 Mei 2017 sekira pukul 14.30 Wib di Polsek Habinsaran Manager Operasional PT. BNE An. Mr. CHI dan Tim bertemu dengan Kapolsek Habinsaran AKP POLIN DAMANIK, SH.

Manager Operasional PT. BNE An. Mr. CHI menyampaikan bahwa adanya keberatan warga Desa Siantarasa dan Desa Lumban Rau Utara Kec. Nassau terkait dengan pembangunan PLTA Hasang oleh PT. BNE dimana pembukaan akses terowongan dibawah lahan penguasaan warga masyarakat sehingga masyarakat menolak pekerjaan pembuatan terowongan sebelum diadakan pembicaraan dan pelaksanaan ganti rugi.

Dan pihak PT. BNE telah menyurati Kepala kantor Pertanahan Kab. Toba Samosir pada tanggal 17 Pebruari 2017 untuk meminta saran dan bimbingan terhadap Refrensi Peraturan untuk Kompensasi Lahan diatas terowongan dan sesuai jawaban dari Kepala kantor Pertanahan bahwa hingga saat ini belum ada peraturan secara khusus mengatur mengenai kompensasi lahan diatas terowongan.

Dengan belum adanya peraturan dan dasar hukum mengenai kompensasi lahan diatas terowongan sehingga PT. BN E tidak dapat memberikan kompensasi sebagaimana diminta warga masyarakat.

Dan PT. BNE meminta kepada Polsek Habinsaran apabila terjadi tindakan penyetopan dari masyarakat terhadap pembangunan terowongan tersebut ataupun tindakan anarkhis dari masyarakat terhadap karyawan PT. BNE atau terhadap pembangunan terowongan yang sedang dalam tahap pembangunan agar segera ditindak lanjuti karena pembangunan terowongan harus tetap dilaksanakan.

Kapolsek Habinsaran AKP POLIN DAMANIK, SH menyampaikan kepada PT. BNE agar menyelesaikan permasalahan tersebut secara bermusyawarah dengan cara duduk bersama dengan semua pihak dengan melibatkan masyarakat yang keberatan, Kepala Desa Siantarasa, Kepala Desa Lumban Rau Utara dan Uspika Kecamatan Habinsaran sehingga pemasalahan tersebut dapat diselesaikan secara baik-baik dan tidak berkepanjangan dan agar tidak terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi tersebut dan agar setiap karyawan PT. BNE menghindari dan mengendalikan diri dari tindakan anarkhis ataupun tindak pidana.

Sekira pukul 15.30 Wib Manager Operasional PT. BNE An. Mr. CHI dan Tim meninggalkan Polsek Habinsaran situasi aman dan kondusif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here