Polres Tobasa menggelar razia atau Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) secara serentak di sejumlah tempat di wilayah hukum Polres Tobasa. Salah satu sasaran makanan dan minuman yang kadaluarsa, Selasa (10/5).

Pelaksanaan K2YD ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi peredaran makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa menjelang Puasa Ramadhan  dan Idul Fitri 2017.

Sementara itu di wilayah Kecamatan Porsea dan Kecamatan Lumban Julu Kabupaten Toba Samosir, kegiatan dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Tobasa AKP M.Nainggolan,SH,M.Si, Kanit Tipidter Sat Reskrim IPDA AE. Rambe,SH bersama beberapa personil Sat Reskrim dengan melakukan pengecekan ke beberapa Swalayan Indomaret atau toko swalayan yang ada di Kecamatan Porsea.

Dari hasil pengecekan di lapangan, masih ada ditemukan makanan dan minuman kemasan yang sudah kadaluarsa serta Minuman keras ( Miras ) yang dijual secara bebas. Selain itu, petugas juga menghimbau kepada pihak pengelola untuk tidak menjual produk makanan dan minuman yang telah melewati batas waktu edar serta penggunaannya.

Di lokasi ini ditemukan sejumlah makanan dan minuman kadaluarsa antara lain 18 bungkus roti wafer, 1 bungkus roti bella, snack kusuya 1 bungkus,  yang sudah melewati betas waktu edar (expire).

Selain itu juga ditemukan beberapa lusin minuman keras jenis Wisky, Sea Horse, Anggur Merah, Anggur Vigour dan Kamput. Terhadap barang-barang tersebut dilakukan penyitaan di mana sebelumnya dibuatkan berita acara penyitaannya.

‘’Petugas juga menghimbau pemilik kios dan warung makanan untuk meneliti barang dagangannya, sehingga tidak menjual produk makanan dan minuman kadaluarsa yang membahayakan kesehatan konsumen,’’ ungkap Kapolres Tobasa AKBP Elvianus Laoly,Sik saat dikonfirmasi, Selasa (9/5).

Dijelaskan Kapolres, secara keseluruhan kegiatan K2YD di jajaran Polres Tobasa ini berlangsung dengan aman tertib dan lancar. ‘’Semoga kegiatan ini memberi manfaat bagi masyarakat agar terhindar dari membeli dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah kadaluarsa. Begitu juga kita harapkan kepada masyarakat telitilah dalam membeli barang-barang,’’ harap Kapolres Tobasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here